Cara Mengatasi Kuota Internet 4G Yang Boros dan Menjadikanya Lebih Awet


Siapa sih yang tak merasa asyik ketika sedang berselancar di dalam dunia maya apalagi ditambah dengan cepatnya kecepatan jaringan internet yang digunakan menambah keasyikan kita dalam aktivitas di dunia maya itu sendiri. 

Dengan seiringnya perkembangan teknologi kini hampir semua provider di indonesia sudah menggunakan dan memberikan layanan jaringan 4G. Banyaknya keutamaan dan kelebihan dari setiap provider dimanfaatkan oleh para konsumen untuk melakukan aktivitas bahkan membantu dalam mengerjakan tugas, mencurahkan isi hati di media sosial, berbisnis dan lainya.

BERIKUT CARA AGAR KUOTA 4G TIDAK BOROS 
Kecepatan jaringan 4G memang sudah tak diragukan lagi, namun semakin bertambahnya kecepatan jaringan akan bertambah pula kecepatan pemakaian kuota data sobat. Nah, untuk itu MediaInfo21 akan memberikan caranya agar kuota 4G sobat tidak boros dan menjadi lebih awet simak baik-baik ya sobat.

Gunakan Aplikasi Browser yang Lebih Efisien


Efisien disini maksudnya adalah gunakanlah aplikasi untuk melakukan aktivitas browsing dengan ukuran yang ringan dan memiliki fitur data saving, ringan ukuran aplikasinya ringan pula dalam menggunakan paket data internet sobat.

Gunakanlah aplikasi browser yang dapat menyimpan data internet sobat dan dapat mengompres website yang sedang sobat kunjungi. Aplikasi yang sudah dipercaya memiliki kemampuan seperti ini diantaranya Opera Mini, UC Browser dan Google Chroome.

Batasi Penggunaan Data Internet dan Aktifkan Peringatanya


Dengan memanfaatkan fitur yang ada di smarthphone android sobat, cara ini akan sangat membantu dalam menghemat kuota data internet 4G sobat. Karena, sobat akan diberikan peringatan ketika sudah melampaui batas maximal penggunaan data sehari-hari.

Untuk mengaktifkan fitur ini sobat tinggal hanya masuk ke menu Pengaturan > SIM Ganda & Data Seluler > Batas data harian & Pengingat. Aktifkan dan atur berapa batas maximal penggunaan internet smartphone sobat.

Matikan Fitur Auto-update Aplikasi di Google Playstore 


Matikan fitur ini karena akan berakibat fatal terhadap kuota internet sobat jika sobat memiliki banyak aplikasi pasti kuota internet sobat akan menjadi cepat habis dan begitupun memori penyimpanan smartphone sobat akan menipis. Update lah aplikasi-aplikasi yang kiranya penting dan sangat sobat butuhkan.

Karena dengan ini sobat dapat menghemat kuota data 4G internet sobat dan juga menghemat penyimpanan internal smartphone sobat. Berikut cara me-non aktifkan fitur auto update ini.

Buka “Google Play Store” > tap“=” di pojok kanan atas > Pilih “Setelan” > tap “Update aplikasi secara otomatis” > tap “Jangan update aplikasi secara otomatis“.

Mematikan Sinkronisasi Data


Matikan sinkronisasi data karena jika sinkronisasi data aktif akan menghubungkan setiap akun google yang terdapat pada smartphone sobat dan itu membutuhkan jaringan internet maka akan menggunakan dan menghabiskan kuota data 4G internet sobat.

Sinkronkan data akun google sobat jika diperlukan demi menghemat data internet sobat dan membuatnya lebih awet agar tidak membuat kantong sobat jebol, karena terus menerus membeli kuota data internet.

Mengurangi Penggunaan Aplikasi Media Sosial


Kurangi penggunaan aplikasi media sosial, perlu sobat ketahui cepatnya kecepatan jaringan internet 4G cepat juga kecepatanya dalam mengeluarkan penggunaan data internet sobat.

Jika sobat sedang aktif dalam satu aplikasi media sosial kami sarankan agar sobat tidak membuka media sosial lainya.

Matikan Data Seluler Ketika Sudah Selesai Menggunakan


Mematikan data seluler ketika memang sudah tidak digunakan akan membantu sobat dalam menghemat kuota dan malah akan menghemat pula pada penggunaan baterai smartphone sobat.

Karena, meskipun smartphone sedang tidak digunakan dan data seluler aktif itu akan tetap memakan kuota data internet sobat. 

Kurangi Bermain Game Online


Mengurangi bermain game online juga dapat membantu sobat dalam menghemat kuota dan menjadikanya lebih awet. Jika ingin bermain game gunakanlah pilihan grafik low atau medium.

Semakin tinggi kualitas gambar dalam game online akan memengaruhi penggunaan data pada saat sobat bermain game online tersebut. 


Nah, itulah cara mengatasi kuota internet 4G yang boros dan menjadikanya lebih awet. Bagaimana menurut sobat? sangat mudah dan sederhana sekali bukan? Jika sobat ingin menyampaikan pendapat atau ingin menyampaikan kritik dan saran. Sobat dapat menyampaikanya dikolom Komentar atau dengan mengirim via e-mail. Dan jangan lupa untuk share ya sob!

Baca Juga Lainya:

1 Response to "Cara Mengatasi Kuota Internet 4G Yang Boros dan Menjadikanya Lebih Awet"