5 Tips Membedakan Laptop Asli Pabrik dengan Laptop Rakitan Toko


Laptop adalah komputer yang dapat dipindahkan dengan mudah yang berukuran relatif kecil dan ringan tergantung ukuran, bahan dan spesifikasi laptop tersebut, dan laptop sekarang sudah menjadi barang yang sangat dibutuhkan saat ini.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua laptop adalah hasil rakitan masing-masing merk pabrikanya ya, sekarang sudah banyak sekali laptop hasil rakitan toko yang dibuat sedemikian rupa sehingga hampir menyerupai yang asli nya dan parahnya laptop rakitan seperti ini biasanya tidak melalui proses pengecekan kualitas atau biasa disebut proses quality control. Tapi tenang karena kali ini mediainfo 21 akan memberikan 5 caranya membedakan laptop asli pabrikan dengan laptop rakitan tersebut. Daripada kelamaan mending kita langsung simak saja 5 cara tersebut sob..

Inilah 5 Cara Membedakan Laptop Asli Pabrikan dengan Laptop Rakitan Toko

Yuk! kita simak 5 caranya membedakan laptop asli pabrikan dengan laptop rakitan tersebut!


1. Perhatikan Harga Laptop !


Perhatikan Harga Laptop
Cara pertama ini bisa sobat lakukan sebelum sobat membeli laptopnya, sebelum membeli hendaklah memperhatikan harga laptop lalu membandingkan dengan toko-toko yang lain atau sobat mencari dan membandingkan harga nya dengan cara mencari tau harga laptop tersebut di Google.

Jangan terlalu mudah percaya dengan harga laptop yang lebih murah dengan harga pasaranya, Karena laptop rakitan toko biasanya lebih murah dibanding laptop asli pabrik namun ada juga yang menjual laptop rakitan dengan harga yang sama dengan yang aslinya. Parah bukan? Nah, untuk sobat yang akan membeli laptop haruslah berhati-hati dan terliti sebelum membeli atau sobat bisa saja mengajak teman yang lebih mengerti dengan laptop untuk mengantarkan sobat membeli laptop.

2. Cek Segel Pada Laptop !


Cek Segel Pada Laptop
Cara kedua, cara ini adalah cara yang mudah untuk membedakan laptop asli dengan laptop rakitan toko, karena segel palsu sangatlah terlihat atau malah bisa saja laptop rakitan tidak ada segelnya. 

Laptop rakitan toko yang menggunakan segel biasanya memakai segel palsu/buatan yang kualitasnya itu sangatlah jauh beda dengan yang aslinya dan pemasanganya pun kurang rapi. Sedangkan laptop asli pabrikan biasanya menggunakan segel berkualitas dan pemasanganya rapi contohnya seperti hologram atau segel merk laptop itu sendiri.

baca juga : Cara Merubah Pesan Suara Menjadi Teks Pada WhatsApp

3. Perhatikan Kartu Garansi Laptop !


Perhatikan Kartu Garansi Laptop

Cara ketiga dengan memperhatikan
kartu garansi laptop sobat dapat membedakan kedua laptop itu. karena fungsi dari kartu garansi itu sendiri adalah untuk menjamin kualitas suatu produk tersebut dan bentuk dari garansi itupun sendiri beragam.

Ada yang global dengan jangka waktu garansi selama 2 Tahun dan biasanya laptop asli pabrikan akan memberikan garansi dalam jangka waktu 1-2 Tahun. Sedangkan pada laptop rakitan toko jarang sekali yang memberikan garansi dengan jangka wakttu yang panjang bahkan adapula yang tanpa garansi. Kalau sudah seperti ini mending langsung pergi dan pilih laptop yang lain saja sob. Karena, takut jika ada kendala atau kesalahan pada produk tersebut dan sobat tidak memiliki hak atas jaminan pada barang tersebut. hal tersebut cukup besar membuat sobat rugi loh.

baca juga : cara mudah membaca pesan Whatsapp yang telah dihapus

4. Cek Spesifikasi Laptop !


Cek Spesifikasi Laptop
Ketika sobat mengunjungi sebuah toko elektronik dan akan membeli laptop biasanya sobat diberi brosur yang berisikan spesifikasi laptop tersebutkan? Nah! sobat jangan langsung percaya karena bisa saja spesifikasi yang ada pada brosur berbeda dengan laptop tersebut.

Berikut cara melihat atau mengecek spesifikasi laptop 
Tekan logo windows + R keyboard pada laptop > kemudian akan muncul kontak dialog Run Windows Run > selanjutnya ketik "dxdiag" lalu enter.

baca juga10 SISTEM OPERASI TERBAIK UNTUK HACKER 2017

5. Cek kondisi Laptop !


Cek kondisi Laptop 
Cara terakhir  ini adalah cara yang paling mudah karena sobat hanya tinggal melihat dan mengecek body laptop tersebut. karena laptop asli pabrikan melewati quality control jadi sudah barang tentu laptop asli pabrikan ini akan terjamin atas kecacatan produk.

Sedangkan pada laptop rakitan toko biasanya tidak rapih dan ada cacat produk. Jika sobat sudah menemukan hal ini mending sobat langsung pindah toko aja deh hehe...


Begitulah 5 Cara Membedakan Laptop Asli Pabrik dengan Laptop Rakitan Toko sangat mudah dan tidak ribet bukan? Jika sobat memiliki saran lain atau kritik silahkan bisa sobat isi kolom komentar dibawah ini. Dan jika sobat suka dengan artikel mediainfo21 jangan lupa untuk men-share ke media sosial sobat ya.. Terimakasih sudah membaca selamat mencoba!

Baca Juga Lainya:

0 Response to "5 Tips Membedakan Laptop Asli Pabrik dengan Laptop Rakitan Toko "

Post a Comment