10 Alasan Mengapa Smartphone Xiaomi Memilki Harga yang Lebih Murah


Pernahkah Sobat merasa heran kenapa kok smartphone Xiaomi kebanyakan bahkan hampir semua type dari Merk ini dibandrol dengan harga yang murah dibanding kompetitor-kompetitornya? Padahal, kompetitor Xiaomi sama-sama berasal dari negri china tapi kenapa harga Xiaomi tetap yang termurah.

Tapi, Hal yang membedakan murah nya Xiaomi dengan murahnya smartphone asal china lainya ialah meski dijual lebih murah Xiaomi memiliki kuallitas yang bagus. Lantas kira-kira apa ya yang membuat harga smartphone satu ini lebih murah dibandik merk-merk lain? 

Alasan Kenapa Smartphone Xiaomi Lebih Murah, Kok Bisa ya?
Nah, pada kali ini MediaInfo21 akan mempertimbangkan apa sih alasanya smartphone xiaomi memiliki harga yang lebih murah, dari penasaran yuk! langsung aja kita simak reviewya berikut ini.

1. Tidak Menggunakan Jasa Iklan

Alasan yang pertama yang membuat harga smartphone xiaomi tidak menggunakan iklan ya sob, Coba deh sobat ingat-ingat apa sobat pernah lihat iklan Smartphone Xiaomi di Televisi seperti yang dilakukan merk-merk smartphone lainya? 

Xiaomi tidak bisa menggunakan iklan untuk mengeluarkan produk barunya melalu iklan karena demi mengurangi penggunaan dana yang berlebihan ya sob. 

2. Banyaknya Relasi untuk Bekerja sama

Xiaomi memiliki banyak relasi yang terbukti sangan efektif dan strategis untuk bekerja sama dan mendapatkan part-part yang lebih murah. dan diantaranya yakni Qualcomm. 

Bukti Xiaomi bekerja sama dengan Qualcomm ialah penggunaan prosesor Chipset Snapdragon. Nah, itu juga yang menjadi faktor penyebab murahnya harga smartphone Xiaomi ini.

3.  Xiaomi Membuat Hardware Sendiri

Menurut CEO Xiaomi Le Jun menggunakan dan memproduksi perangkat keras (hardware) sendiri dalam jumlah yang besar karena, memproduksi perangkat dalam jumlah yang besar akan menekan biaya produksi yang seminimal mungkin.

Oleh sebab itu, biaya produksi tidak melonjak tinggi dan tidak membuat harga jual yang mahal seperti para kompetitornya. Degan biaya produksi yang seminimal mungkin menyebabkan harga jual hardware xiaomi yang jauh lebih murah dibanding dengan hardware lain sejenisnya.

4. Perlengkapan Pendukung yang Dijual Terpisah

Apakah disaat sobat membeli smartphone pintar ini sobat menemukan perlengkapan pendukung seperti headset dan sebagainya di dalam dus box smartphone ini? tentu tidak bukan?

Itu karena xiaomi menjual perlengkapan pendukungnya secara terpisah sehingga jika sobat menginginkan headset bawaanya produk ini sobat harus mengeluarkan biaya kembali untuk dapat membawa pulang perlengkapan pendukung xiaomi ini. Hal ini juga yang menjadi faktor penyebab  murahnya harga jual xiaomi dipasaran.

5. Gaji Karyawan yang Murah

Gaji para karyawan xiaomi dibayar lebih murah dibanding para kompetitor nya, hal ini terjadi karena jumlah penduduk di china sangat lah besar dan tidak sebanding dengan jumlah lowongan pekerjaan disana.

Oleh karena itu, tak heran jika di negara tersebut banyak penduduk yang tidak memiliki pekerjaan. Hal itu pula yang menjadi penyebab gaji para karyawan menjadi lebih murah, karena tidak ingin menjadi pengangguran banyak penduduk disana yang memaksa untuk bekerja walau di beri gaji yang kecil.

Dan oleh sebab itu, Xiaomi jadi lebih dapat mengalihkan dananya untuk komponen pengembangan dan kepentingan lainya.

6. Pintar dalam Menganalisa Pasar

Pintar dan cepatnya Xiaomi dalam hal menganalisa pasar. Xiaomi tahu betul bahwa peminat smartphone murah lebih banyak dibandingkan dengan peminat smartphone-smartphone mahal. Oleh karena itu, Xiaomi lebih berfokus memproduksi smartphone yang targetya adalah para peminat smartphone dengan harga yang murah dan terjangkau.

Tapi, harga yang murah ini tidak berarti smartphone ini layak disebut dengan smartphone murahan karena xiaomi memberikan spesifikasi yang bisa dibilang lebih gahar dibanding para kompetitornya pada setiap smartphone yang xiaomi produksi.

Salah satu negara yang memiliki banyak minatnya terhadap smartphone murah adalah Indonesia. Oleh sebab itu, Xiaomi juga membuat dan mendirikan pabriknya di negara Indonesia. Hal ini dilakukan supaya penjualanya berangsur dengan lebih lancar.

7. Tidak banyak Menjual dengan Berbagai Variasi 

Seperti yang kita ketahui bahwa Xiaomi hanya mengeluarkan dua variasi yakni hanya variasi Redmi dan Mi.

Hal ini dilakukan bertujuan agar Xiaomi menjadi lebih fokus dan tidak ribet dalam memikirkan kualitas dibandingkan dengan memikirkan kuantitas. Dan hal ini pula yang menjadi penyebab kenapa smartphone Xiaomi memiliki harga yang lebih murah dibanding dengan para kompetitornya.

8. Sering Mengadakan Flash Sale (diskon dadakan)

Xiaomi sering melakukan hal ini di e-commerce, ketika Xiaomi mengeluarkan produk baru maka Xiaomi akan melakukan hal ini.

Banyak efek positif yang didapat ketika melakukan flash sale diantaranya hal ini menyebabkan Xiaomi lebih mudah dikenali dan mengurangi adanya sisa produk yang tidak laku. Jadi, tidak akan ada produk yang dibuat namun sia-sia karena tidak laku.

9. Tidak terlalu Fokus Untuk Mendapatkan Keuntungan

CEO Xiaomi Le Jun lebih memiliki untuk membuat Xiaomi menjadi lebih dikenal terlebih dahulu.

Oleh karena itu, Xiaomi lebih memilih market strategi agar tujuan utamanya Xiaomi tercapai dan memiliki tempat penjualan dimana-mana. Termasuk Indonesia.

10.  Memiliki Toko Fisik (Resmi)

Hal ini juga menjadi penyebab murahnya harga xiaomi dipasaran. Perlu sobat ketahui bahwa Xiaomi tidak memiliki toko distributor dan juga reseller.

Melalui inilah banyak keuntungan yang didapatkan oleh Xiaomi. Karena, jika ada atau jika melalui distributor dan reseller, Xiaomi harus mengurangi harga penjualanya.

Nah, itulah alasan-alasan kenapa Xiaomi memiliki harga yang lebih murah dibanding kompetitor-kompetitor nya. Bagaimana sekarang? terobati kah rasa penasaran sobat? jika sobat memiliki pendapat lain atau kritik yang dapat membangun kearah yang lebih baik silahkan isi di kolom komentar dibawah ini.

Baca Juga Lainya:

1 Response to "10 Alasan Mengapa Smartphone Xiaomi Memilki Harga yang Lebih Murah"